Our Blog
Tabodo Coffee, Dari Lokal ke Global
posted on September 4, 2019
Banyak orang memulai harinya dengan kopi, bahkan sebagian menganggap harinya belum dimulai jika belum meminum kopi. Selain rasanya yang unik dan beragam, kopi banyak digemari karena khasiatnya seperti menekan risiko terkena alzheimer dan kaya akan antioksidan untuk mengurangi risiko serangan jantung.
Di Indonesia sendiri, budaya kopi sudah dimulai sejak awal abad ke-18. Seiring dengan berjalannya waktu, kopi menjadi tanaman yang sangat digemari masyarakat.
By Tropenmuseum, part of the National Museum of World Cultures, CC BY-SA 3.0,
https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=8593516
Saat ini, Indonesia menjadi salah satu penghasil kopi terbesar di dunia. Belakangan, khususnya satu dekade terakhir, kita dapat melihat peningkatan pesat konsumsi kopi di Indonesia dengan maraknya gerai-gerai kopi baru yang bermunculan, baik yang berdiri sendiri (stand-alone), di pusat perbelanjaan, ataupun dalam bentuk waralaba (franchise).
Tabodo Coffee adalah salah satu merek kopi lokal Indonesia, berasal dari Humbang Hasundutan, Sumatera Utara. Dalam bahasa Batak, tabodo berarti enak atau mantap. Tabodo Coffee memiliki cita rasa dan karakteristik unik karena tanah Humbang Hasundutan yang berada di dataran tinggi dan mengandung mineral dari Gunung Toba.
Di tahun 2018, Kamarupa Design Group mendesain rebranding Tabodo Coffee, agar logo Tabodo Coffee terlihat modern namun tetap mengandung nilai-nilai intrinsik petani kopi Humbang Hasundutan yang memiliki sifat bersahaja dan pekerja keras. Tabodo Coffee diproses secara alami untuk menjaga kualitas dan aroma kopi. Kesahajaan petani digambarkan di logo Tabodo Coffee yang monoline. Tulisan tebal berwarna cokelat dan pirus (turqoise) untuk menekankan rasa kopi yang pekat dan earthy.
Pada akhir bulan Juli 2019, Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta Iriana Widodo menyambangi kawasan wisata Geosite Sipinsur di Humbang Hasundutan dan berkesempatan mencicipi Tabodo Coffee. Ciri khas biji kopi Tabodo Coffee yang unik disambut baik oleh Jokowi dan Iriana yang kompak menyebut Tabodo benar-benar enak.
Logo dan kemasan adalah hal pertama yang dilihat oleh konsumen saat menentukan produk mana yang akan dibeli. Tabodo Coffee menjadi bukti nyata akan kekayaan komoditas Indonesia yang jika dikelola dengan baik dan memiliki kemasan yang menarik, maka dapat bersaing di pasar internasional. Menurut Kasubag Umum Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Humbang Hasundutan, Hordarnim Purba, Tabodo Coffee sudah pernah dibawa hingga ke Paris dan Hawaii, jadi pasarnya sudah tembus hingga ke Eropa.
Maka memiliki logo dan kemasan yang menarik dan modern menjadi salah satu kunci dari keberhasilan sebuah produk. Layaknya Tabodo Coffee yang berhasil membuat kopi Humbang Hasundutan dikenal bukan hanya khalayak Indonesia, namun dunia. Check Instagram Tabodo Coffee