Blog

Mengenal Segmentasi Pasar: Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Prosedurnya

posted on May 23, 2022

Mengenal Segmentasi Pasar: Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Prosedurnya

Dalam menjalankan bisnis, segmentasi pasar menjadi salah satu hal yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Hal ini menjadi sebuah strategi untuk dapat mengenali target pelanggan sehingga bisnis yang dijalankan pun bisa membidik target dengan tepat.

Untuk melakukannya tentunya tidak bisa begitu saja, karena ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai hal ini.

Pengertian Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar adalah sebuah strategi untuk memetakan target pelanggan berdasarkan kebutuhan, karakteristik, hingga perilaku pelanggan sehingga perusahaan lebih mudah untuk mengenali kategori kelompok pelanggan tersebut.

Melalui segmentasi ini maka perusahaan bisa mengenal target pelanggan yang tepat yang berpengaruh terhadap hasil yang optimal dari pemasaran yang dilakukan.

Hal ini juga dapat diartikan sebagai sistem pembagian market yang terdiri dari sejumlah konsumen potensial sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik. Pada intinya, hal ini ditujukan untuk mengetahui target pemasaran berdasarkan kelompok pelanggan yang ditargetkan.

Jenis-Jenis Segmentasi Pasar

Ada beberapa jenis segmentasi pemasaran yang perlu diketahui antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Segmentasi Perilaku
    Segmentasi perilaku merupakan pengelompokan pelanggan yang didasarkan pada tingkah laku terhadap produk yang dijual. Tingkah laku ini dapat berupa sikap, respon, pengetahuan, reaksi, loyalitas, hingga penggunaan produk bisnis oleh pelanggan.

    Umumnya, jenis segmentasi perilaku cenderung berkaitan erat dengan proses pengambilan keputusan bagi konsumen untuk membeli produk atau tidak.

  2. Segmentasi Demografis
    Segmentasi demografis merupakan pengelompokan konsumen yang didasarkan pada aspek-aspek demografis mulai dari jenis kelamin usia, pendidikan, pekerjaan, status menikah, dan lain-lain.

    Dengan melakukan segmentasi demografis maka akan lebih mudah untuk mengelompokkan pelanggan berdasarkan beberapa aspek tersebut. Hal ini sangat mempengaruhi proses penargetan dalam pemasaran produk.

  3. Segmentasi Psikografis
    Segmentasi psikografis adalah pengelompokan pelanggan yang memiliki kaitan erat dengan aspek psikologis. Biasanya, pelaksanaan segmentasi psikografis cenderung lebih rumit karena pelaku bisnis harus memahami dengan baik bagaimana selera dari target pelanggan dan apa saja kebutuhannya. Hal ini tidak sekedar dikenali rumah tapi harus dipahami secara mendalam.

    Untuk melakukan segmentasi psikografis biasanya dilakukan melalui berbagai survei seperti kuesioner. Dengan demikian maka lebih mudah untuk mengetahui apa saja preferensi yang dibutuhkan konsumen seperti kopi, gaya hidup, ketertarikan, dan lain-lain.

  4. Segmentasi Geografis
    Segmentasi geografis adalah pengelompokan pelanggan yang didasarkan pada aspek lokasi di mana ia tinggal. Tidak kalah penting dengan segmentasi lainnya, karena setiap produk barang maupun jasa tentunya memiliki kegunaan yang berbeda-beda di setiap keadaan lokasi, dan cuaca. Oleh karenanya, penting untuk melakukan segmentasi geografis.

Tujuan Melakukan Segmentasi Pasar

Setiap hal yang dilakukan dalam bisnis tentu memiliki tujuan, begitu pula dengan segmentasi pemasaran. Apalagi segmentasi pasar ini berkaitan dengan strategi bisnis dalam pengelompokan konsumen yang memberikan pengaruh besar terhadap keberhasilan pemasaran produk. Berikut ini merupakan beberapa tujuan dari segmentasi pemasaran.

  1. Memahami Kompetitor Dalam Bisnis
    Dalam bisnis tentu ada kompetitor yang menjalankan bisnis di bidang yang sama. Dalam hal ini, segmen tersebut pemasaran bertujuan untuk mengenali berbagai kompetitor dalam bisnis tersebut. Jadi akan lebih mudah untuk mengetahui segmen mana yang hendak digeluti, serta akan mengetahui siapa saja kompetitornya.

    Bahkan hal ini dapat menjadi di tolak ukur untuk menentukan strategi marketing yang digunakan. Dengan melakukan segmentasi pemasaran maka akan lebih mudah untuk mempelajari sekaligus mengevaluasi berbagai strategi pemasaran untuk menarik minat konsumen.

  2. Meningkatkan Pelayanan Bisnis
    Ternyata segmentasi pemasaran juga bertujuan untuk meningkatkan pelayanan bisnis sehingga menjadi lebih baik. Ketika menjalankan bisnis, tentunya ingin memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pelanggan.

    Salah satu strategi yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan segmentasi pemasaran. Misalnya melalui survei kepuasan pelanggan, dari hasil survei itulah kekurangan-kekurangan yang berkaitan dengan pelayanan bisnis dapat diperbaiki.

  3. Merencanakan Bisnis dan Mengevaluasinya
    Dapat dikatakan bahwa segmentasi pasar menjadi salah satu bagian dari perencanaan bisnis yang dilakukan oleh suatu perusahaan atau badan usaha. Maka dari itu, dapat dikatakan bahwa segmentasi pemasaran menjadi salah satu strategi yang sangat ampuh untuk mengembangkan bisnis.

    Namun selain sebagai perencanaan bisnis, segmentasi ini juga dijadikan sebagai bahan evaluasi bagi perusahaan. Perusahaan akan lebih mudah untuk mempelajari berbagai strategi pemasaran yang dilakukan. Akhirnya, perusahaan pun akan lebih mudah untuk melakukan perencanaan ulang bisnis kedepannya sehingga mendapatkan target yang tepat.

  4. Meningkatkan Efektivitas Pemasaran
    Sebagaimana tujuan awal dari segmentasi pemasaran yaitu sebagai salah satu bentuk efektivitas dari strategi pemasaran produk yang dilakukan. Dengan melakukan segmentasi ini maka perusahaan akan dengan mudah untuk mengetahui target pelanggan.

    Hal ini pun akan mempermudah proses pemasaran bisnis sehingga lebih terarah. Mulai dari hal-hal terkait promosi, produksi, hingga distribusi akan berjalan dengan lancar.

Prosedur Dalam Melakukan Segmentasi Pasar

Ada beberapa tahapan yang harus dilalui ketika melakukan segmentasi pasar antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Survei
    Tahapan awal ketika hendak melakukan segmentasi pemasaran yaitu survei. Survei merupakan salah satu cara untuk mengeksplorasi target pelanggan untuk memahaminya secara mendalam. Misalnya dengan melalui wawancara kuesioner, dan lain sebagainya.

    Tahap survei ini memiliki peran yang sangat penting karena dapat membantu untuk mengumpulkan berbagai data informasi seputar sasaran pasar. Hal ini juga tentunya sudah sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat.

  2. Analisis
    Tahap selanjutnya dari segmentasi pemasaran yaitu melakukan analisis informasi. Apabila data dari tahap survei telah didapatkan, selanjutnya yaitu menganalisis data informasi tersebut untuk mengetahui apa kesimpulannya. Hasil analisis tersebut digunakan sebagai acuan dasar untuk mengelompokkan pelanggan berdasarkan segmennya.

  3. Identifikasi
    Tahap terakhir yaitu melakukan identifikasi terhadap pelanggan. Setelah data konsumen didapatkan dan dianalisis, selanjutnya lakukan identifikasi pada setiap kelompok target pemasaran tersebut.

    Pada tahap ini, yang harus dilakukan adalah menemukan jenis pelanggan mana yang hendak menjadi target pemasaran dalam bisnis yang dijalankan. Tapi identifikasi ini sangat penting karena menjadi tahap akhir untuk menentukan target konsumen.

Manfaat Segmentasi Pasar

Pada dasarnya, segmentasi pemasaran ini memiliki kaitan yang erat dengan kepentingan bisnis, karena akan mempengaruhi keuntungan dalam menjalankan bisnis. Secara umum, ada beberapa manfaat dari segmentasi pasar yang perlu dipahami.

  1. Memenuhi kebutuhan pelanggan
    Memudahkan perusahaan dalam mengatur produk yang hendak ditawarkan

  2. Menarik perhatian pelanggan

  3. Membantu perusahaan lebih fokus pada target berdasarkan pengelompokan pelanggan tertentu

  4. Memudahkan dan mengefektifkan proses pemasaran

  5. Memberikan peluang bisnis yang lebih besar untuk berkembang

  6. Memudahkan perusahaan dalam mengelola finansial untuk kebutuhan marketing

  7. Pemasaran lebih terarah dan lebih baik

  8. Meningkatkan daya saing dengan kompetitor

Jadi, segmentasi pemasaran ini memiliki peran yang penting dalam sebuah bisnis. Bagi perusahaan atau badan usaha yang ingin mengembangkan bisnisnya, maka perlu melakukan strategi ini yang dianggap efektif.

Namun, terkadang ketika melakukannya sendiri, hasilnya kurang optimal, karena harus fokus terhadap banyak hal seperti urusan produksi. Untuk mengatasinya, Kamarupa Group akan membantu dalam melakukan segmentasi pemasaran sehingga memudahkan menentukan target pelanggan.

Hal-hal yang berkaitan dengan strategi marketing bisnis akan dilakukan dengan mudah atas layanan Kamarupa. Kamarupa menjadi branding agency yang terpercaya dan berhasil menjadi mitra terbaik berbagai perusahaan dalam meningkatkan branding bisnis mereka.

Untuk itu, jika ingin mengembangkan bisnis melalui segmentasi pasar, serahkan kepada Kamarupa. Dengan demikian maka bisnis akan berkembang dengan baik karena target pemasaran dibidik secara tepat.

Share This Article

Back

Close

Search

Whatsapp Menu