Blog

Langkah Membuat Company Profile Perusahaan dengan Benar

posted on May 19, 2022

Langkah Membuat Company Profile Perusahaan dengan Benar

Jika Anda sedang mempelajari tentang company profile dari sebuah perusahaan tentunya akan mengetahui seluk beluk perusahaan tersebut. Secara tidak langsung company profile perusahaan merupakan sebuah riwayat hidup yang dimiliki oleh satu perusahaan dari sejarah hingga perkembangan terbaru yang dimilikinya.

Company profile atau yang biasa disebut dengan profil perusahaan bisa menjadi sebuah media komunikasi antara perusahaan dengan masyarakat mewakili perusahaan terkait.

Unsur Penting yang Ada Dalam Sebuah Profil Perusahaan

Perusahaan yang memiliki profil perusahaan akan memiliki kesan yang baik sehingga bisa meyakinkan konsumen atau pelanggan yang berpotensi sehingga mereka bersedia untuk memberikan informasi penting yang mereka butuhkan terkait pengembangan produk maupun jasa yang mereka miliki. Asal kata company profile adalah dari 2 kata yang memiliki pengertian berupa profil perusahaan. Menjadi salah satu langkah strategis yang dimiliki oleh sebuah perusahaan untuk memberitahukan tentang perusahaan profil sejarah dan segala hal yang berkaitan dengan perusahaan kepada masyarakat luas secara efektif.

Unsur Penting Yang Harus Ada Dalam Sebuah Company Profile

Secara umum sebuah company profile perusahaan harus memiliki desain yang bagus, profesional, menarik serta menunjukkan ciri khas dari perusahaan tersebut. Anda bisa menyesuaikan warna yang dipakai dalam desain profil perusahaan dengan perpaduan logo perusahaan sehingga bisa memberikan efek trending perusahaan yang lebih baik.

  1. Isi profil tersusun dengan rapi dan jelas
    Maksudnya adalah isi profil perusahaan dibuat dengan sistematis serta menggunakan bahasa yang mudah untuk dipahami, sekaligus bisa menarik perhatian dari konsumen yang akan membaca profil perusahaan.

  2. Mencakup poin penting tentang perusahaan
    Isi dari profil perusahaan yang berikutnya adalah poin penting tentang perusahaan secara lengkap dari poin A sampai poin Z dengan tujuan agar supaya bisa menjadi sumber informasi yang akurat dan terpercaya untuk disampaikan kepada masyarakat luas.

  3. Dicetak dengan profesional
    Profil perusahaan akan dicetak dengan menggunakan bahan material yang berkualitas. Alasannya adalah karena profil perusahaan akan menunjukkan seperti apa kualitas perusahaan itu dan juga pada kemungkinan besar profil perusahaan akan sering dibaca atau dibuka sehingga harus menggunakan bahan material yang berkualitas.

Hal itu akan membuat profil perusahaan lebih awet dan tidak mudah rusak. Selain itu Anda juga bisa menyertakan gambar ilustrasi atau foto untuk mendukung penyampaian informasi yang ada di dalam profil perusahaan sehingga lebih mudah untuk dipahami oleh pembaca.

Fungsi Penting Dari Company Profile Perusahaan

Setelah kita mempelajari tentang apa saja unsur yang harus ada di dalam sebuah profil perusahaan, berikutnya kita perlu mengetahui apa saja fungsi dari profil perusahaan tersebut. Diantaranya adalah :

  • Bahwa company profile perusahaan memiliki kegunaan untuk mengenalkan identitas perusahaan pada masyarakat secara umum dengan bahasa yang mudah untuk dipahami sekaligus menggunakan media pendukung sehingga penyampaiannya lebih efektif.

  • Profil perusahaan juga berfungsi untuk mempromosikan brand bisnis perusahaan secara lebih luas dengan harapan bisa menjangkau pangsa pasar yang jauh lebih luas dan besar.

  • Profil perusahaan juga bisa menciptakan atau membuat sejarah perusahaan tersebut secara eksklusif sehingga bisa diketahui dan menjadi inspirasi oleh orang banyak.

  • Kemudian profil perusahaan juga bisa dijadikan media untuk menunjukkan karakter atau ciri khas perusahaan yang unik sehingga konsumen bisa membedakannya dengan perusahaan lain atau dengan kata lain membuat kesadaran merk secara otomatis.

Maka apabila dilakukan penyusunan dengan lebih baik dan benar akan didapatkan susunan company profile perusahaan yang di dalamnya terdiri dari

  1. Sejarah perusahaan yang berisi tentang awal mula berdirinya perusahaan tersebut
  2. Filosofi atau motto yang dimiliki oleh perusahaan.
  3. Apa saja budaya atau tradisi yang dimiliki oleh perusahaan yang masih tetap dipertahankan hingga sekarang
  4. Kata sambutan dari pimpinan perusahaan yang diberikan oleh direktur utama atau komisaris utama
  5. Identitas atau ciri khas dari perusahaan yang berupa seragam brand logo kualitas audio visual atau kualitas cetakan yang dimiliki interior gedung
  6. Visi misi dan strategi perusahaan untuk mencapai kemajuan dan perkembangan ke arah yang lebih baik
  7. Daftar alamat cabang terus akan yang tersebar di seluruh Indonesia
  8. Uraian singkat mengenai sumber daya manusia atau tenaga kerja yang ada di dalam perusahaan
  9. Penjelasan mengenai sistem pelayanan yang dimiliki oleh perusahaan sekaligus apa saja fasilitas yang disediakan oleh perusahaan baik untuk karyawan maupun pelanggan
  10. Deretan prestasi dan kelebihan atau keunggulan yang dimiliki oleh perubahan sejak awal berdiri hingga saat sekarang
  11. Laporan perkembangan perusahaan dari awal hingga sekarang yang dilakukan secara rutin secara berkala dimana didalamnya tercantum jenis laporan yang menginformasikan tentang keuntungan atau kerugian yang dialami oleh perusahaan hingga saat ini.
  12. Penjelasan singkat yang berisi tentang produk atau layanan jasa yang dimiliki oleh perusahaan. Termasuk di dalamnya ada penjelasan tentang gambaran dari sasaran target bisnis lokasi perusahaan atau pabrik yang dimiliki pihak distributor pihak marketing sampai penjelasan yang menunjukkan tentang grafik pertumbuhan dan perkembangan usaha yang dimiliki perusahaan.
  13. Rencana untuk mengembangkan perusahaan di masa yang akan datang beserta rincian pelaksanaannya di dalamnya akan berisi penjelasan tentang apa saja pelatihan yang diperlukan, bagaimana rencana pengembangan produk yang akan dilakukan, proses pengembangan pasar serta hal lainnya yang sekiranya dibutuhkan dalam proses pengembangan perusahaan menjadi lebih besar.
  14. Uraian yang berisi tentang keunggulan atau kelebihan yang dimiliki oleh perusahaan tersebut dijelaskan pula tentang alasan mengapa konsumen atau pelanggan memilih perusahaan tersebut menjadi perusahaan yang terpilih.

Jika Anda sudah mengetahui apa tujuan dan fungsi dari pembuatan company profile perusahaan maka selanjutnya Anda harus mengetahui apa saja yang harus ada dan tercantum di dalam sebuah profil perusahaan. Bahwa secara garis besar di dalam profil perusahaan harus berisi beberapa komponen penting seperti berikut ini:

  1. Rincian Bisnis Perusahaan
    Rincian bisnis yang ada di dalam perusahaan bisa dengan mencantumkan seperti nama perusahaan, alamat lengkap perusahaan, nomor telepon perusahaan baik untuk telepon kantor maupun telepon seluler, alamat email perusahaan serta media sosial yang dimiliki oleh perusahaan.

  2. Rincian identitas perusahaan
    Rincian identitas perusahaan umumnya berisi dengan informasi lengkap seputar perusahaan yang terdiri dari visi, misi, strategi, komitmen, tanggal berdiri, nilai perusahaan, penjelasan singkat produk atau layanan jasa dari perusahaan. Dicantumkan juga sejarah awal mula berdirinya perusahaan hingga daftar portofolio klien yang bekerja sama dengan perusahaan tersebut.

  3. Adanya pengakuan kinerja perusahaan
    Perusahaan yang sudah besar biasanya sudah memiliki prestasi yang sudah berhasil dicapai oleh perusahaan dan bisa di tunjukkan kepada masyarakat luas untuk menjadi bukti kualitas yang dimiliki. Prestasi tersebut bisa terdiri dari penghargaan, sertifikat, liputan dari media, testimoni sampai banyaknya mitra yang bekerja sama dengan mereka. Lalu bagaimana cara membuat profil perusahaan dengan baik dan benar?

Langkah-Langkah Membuat Company Profile dengan Benar

Namun meski company profile perusahaan berisi penjelasan lengkap dan terperinci tentang perusahaan yang terkait. Profil tersebut harus bisa dibuat dengan singkat jelas dan padat berisi. Anda bisa membuat profil perusahaan sedemikian rupa jika Anda mengikuti langkah-langkah yang kami bagikan berikut ini:

  1. Tentukan terlebih dahulu produk atau jasa yang akan dibisniskan dengan jelas Anda bisa memulainya dengan menentukan nilai yang akan diterapkan dan dilakukan oleh seluruh karyawan perusahaan. Kemudian tentukan juga segmentasi atau pembagian target pasar yang menjadi sasaran dalam bisnis.

  2. Anda harus menentukan apa tujuan pembuatan profil perusahaan. Beberapa perusahaan memiliki tujuan dalam pembuatan profil perusahaan adalah untuk mengenalkan produk dan jasa milik perusahaan sekaligus meningkatkan brand awareness kepada masyarakat secara efektif dan efisien.

  3. Buat isi profil perusahaan dengan menarik, salah satunya dengan menggunakan jasa penulis atau copywriting agar supaya bisa mendapatkan konten yang berkualitas

  4. Usahakan untuk membuat profil perusahaan yang menggambarkan ciri khas dari perusahaan Anda. Hindari membuat profil perusahaan yang mirip atau serupa dengan perusahaan yang lain meski profil perusahaan mereka menarik dan berkualitas

  5. Gunakan gaya penyampaian profil perusahaan yang menarik dan mudah untuk dipahami oleh berbagai kalangan masyarakat

Sekian ulasan tentang pengertian company profile perusahaan dan cara membuatnya dengan benar.

Share This Article

Back

Close

Search

Whatsapp Menu