Thank you, your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Apa Itu Branding?

Apa Itu Branding?


Photo courtesy of Branduniq

Apa itu branding? Branding bukan hanya tentang satu hal secara khusus. Branding adalah tentang segala hal yang dilakukan perusahaan. Branding akan mewakili dan menentukan bagaimana perasaan orang-orang terhadap brand Anda. Jadi sebenarnya, apa itu branding? Bagaimana Anda melakukan branding untuk bisnis Anda?

Sebelumnya, kita sudah membahas tentang brand identity dan bagaimana caranya untuk membangun brand identity yang baik. Kali ini, kami akan membahas tentang branding dan hal apa yang perlu Anda ketahui.

Apa yang membuat Anda terkenang-kenang pada sebuah produk? Sebagian besar pasti akan menjawab kualitas yang ditawarkannya. Namun, apa yang membuat Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi produk tersebut? Pasti kekuatan brand produk tersebut.

Ada banyak produk yang telah berhasil membuktikan diri sebagai brand raksasa dan tak terkalahkan. Kedigdayaan mereka adalah hasil strategi branding yang sangat cermat.

Branding, berdasarkan definisinya, adalah suatu praktik pemasaran yang dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk membuat nama, simbol, atau desain yang mudah diasosiasikan dengan perusahaan tersebut.

Kenapa Anda Membutuhkan Branding?

Branding yang efektif akan membantu Anda dalam penjualan produk. Sederhananya, dengan branding yang kuat, bisnis akan lebih menonjol dibandingkan kompetitor. Dampaknya secara tidak langsung adalah pada jumlah penjualan. Untuk jangka panjang, perusahaan akan lebih bernilai jika brand kuat.

Secara psikologis, para customer memang lebih menyukai barang-barang branded. Mereka bersedia menghabiskan uang untuk membelinya, meskipun harganya lebih mahal. Ini disebut dengan brand equity.

Gaya hidup ini dimulai dari anggapan yang terbentuk di tengah masyarakat bahwa barang-barang branded memiliki kualitas tinggi. Nah, dengan memanfaatkan paradigma tersebut, Anda bisa membawa produk ke level tertinggi.

Tugas pertama adalah memperkenalkan diri dan keunggulan yang dimiliki kepada para calon customer melalui teknik branding yang efektif. Semakin baik teknik yang digunakan, hasilnya pun tentu semakin optimal.

Tujuan akhirnya adalah menanamkan “jiwa” produk Anda ke dalam benak calon customer. Anda ingin mengatakan bahwa tanpa kehadiran produk tersebut, kebutuhan mereka tidak akan terpenuhi secara maksimal.

Elemen Utama Branding

Image courtesy of mspalliance

Lalu, apa saja elemen utama yang dapat membuat sebuah branding menjadi sukses? Setidaknya, ada 4 hal yang tercakup di dalamnya, yaitu:

  • Ide Utama

Sebelum memulai sebuah proyek branding untuk produk tertentu, Anda terlebih dahulu harus memahami ide utamanya. Dalam hal ini terkandung rangkuman dari seluruh karakter produk dan bisnis Anda. Inilah yang membuat produk Anda berbeda dengan yang lain.Untuk menemukannya, ada beberapa pertanyaan yang bisa membantu, seperti “Apa yang kami tawarkan?”, “Apa yang membuat kami berbeda?”. “Bagaimana bisnis kami terlihat lebih menonjol?” “Apa yang diinginkan atau dibutuhkan oleh para customer?”Melalui pemaparan atas jawaban-jawaban tersebut, produk Anda akan memiliki panduan yang jelas.

  • Visi

Elemen kedua yang harus ada dalam sebuah proyek branding adalah visi yang jelas. Visi sebuah perusahaan berfungsi sebagai pemberi arah akan menuju ke mana bisnis tersebut. Dengan mengetahui tujuannya, Anda pun bisa merencanakan perjalanan.Dalam hal ini, visi dapat bersifat umum atau spesifik. Namun, visi yang spesifik akan semakin memudahkan Anda untuk menetapkan strategi yang tepat menuju pencapaian yang diinginkan.Visi Anda tentu berbeda dengan perusahaan lain. Inilah dasar utama yang bisa menciptakan keunikan produk sehingga bisa menonjol dari yang lain.

  • Nilai

Elemen branding harus mencakup nilai-nilai. Di dalam branding value ini terdapat keyakinan Anda dalam hal bisnis dan memperjelas tentang bisnis yang sesungguhnya.Sangat penting memastikan bahwa nilai-nilai tersebut asli dan merupakan bukti dari perjalanan bisnis Anda.

  • Personality

Karakter brand adalah bagaimana bisnis tersebut atau produk ingin ditemukan. Jadi, sangat penting untuk mensinkronkan hal ini dengan tipe produk yang diperjualbelikan.Beberapa  strategi untuk menyampaikan brand adalah melalui desain grafis, nada bicara dan bahasa yang digunakan dengan customer, layanan pelanggan, dan sebagainya.
Teknik Branding

Image courtesy of kerjayuk.com

Setelah mengetahui akan seperti apa brand yang akan dibangun, Anda selanjutnya harus menentukan teknik yang akan digunakan untuk branding.

Ada beberapa teknik branding yang bisa diterapkan, baik melalui advertising, event tertentu, atau pelatihan staf, yaitu:

  • Storytelling. Ini adalah strategi menyampaikan kisah Anda melalui identitas perusahaan, packaging, material pemasaran, dan sebagainya.
  • Kredibilitas. Klaim yang Anda sampaikan melalui brand harus kredibel dan sesuai dengan nilai-nilai yang dipercayai.
  • Differentiation, yaitu mempresentasikan hal yang berbeda dari pesaing.
  • Berinteraksi dengan customer. Jika Anda menonjol dari kerumunan karena alasan-alasan positif dan komunikasi kredibel, customer akan melihat apa yang Anda tawarkan.
  • Fokuskan pada portfolio produk. Mengurus hal-hal yang bersifat lebih kecil dan terfokus dapat membuat penawaran Anda lebih dipahami oleh custumers.
  • Endorsed brands. Anda bisa menciptakan brand baru dengan karakternya sendiri, tetapi gunakan parent brand dari perusahaan untuk melakukan endorse.
  • Penamaan. Nama sebuah brand sangat penting untuk menunjukkan suara dan karakter brand. Anda juga harus mengecek apakah nama tersebut sudah digunakan atau dilindungi oleh hukum.
  • Konsistensi. Anda harus menunjukkan konsistensi di berbagai area bisnis.
  • Sewalah seorang designer. Anda bisa mempekerjakan seorang designer untuk mengeksplorasi kemungkinan pengembangan brand perusahaan.

Bagaimana Mengomunikasikan Brand Kepada CustomerSalah satu rahasia pemasaran adalah tahu apa yang mengendalikan para customer dan apa yang membuat mereka terdorong untuk membeli. Ketika mendefinisikan nilai-nilai brand dan kebutuhan customer, Anda bisa mulai membangun branding awarness dengan konsisten.Ingatlah bahwa setiap hubungan yang Anda bangun dengan customer harus memperkuat brand, termasuk logo, nama bisnis, dan packaging produk.Untuk itu, pertanyaan yang perlu diajukan adalah: Apa bisnis yang ingin mereka lakukan bersama Anda? Bagaimana perasaan mereka terhadap brand Anda?Alasan Branding Penting untuk Bisnis Perusahaan

Image courtesy of Moolya

Lalu, apa sebenarnya pentingnya brand untuk sebuah perusahaan? Berikut beberapa alasannya:

  • Untuk Memperoleh Pengakuan

Brand penting untuk mendapatkan pengakuan. Pengakuan dalam dunia bisnis memiliki nilai yang besar. Dengan berbagai elemen branding seperti logo, bisnis menjadi lebih dikenal di mata publik.

  • Meningkatkan Nilai Bisnis

Branding jelas sekali dapat meningkatkan bisnis ke papan atas. Perusahaan dengan brand yang kuat memiliki pengaruh yang lebih besar sehingga ada peluang investasi yang menarik.

  • Menghasilkan Pelanggan Baru

Branding yang kuat berarti dapat menghasilkan pelanggan baru. Kekuatan branding biasanya karena hal-hal positifnya. Orang-orang yang berbisnis pun akan melakukannya dengan aman karena merasa sudah  kenal.Nah, demikian beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui seputar branding. Semoga bermanfaat. Butuh bantuan mengenai branding agency? Hubungi kami di marketing@kamarupa.co.id.