Blog

10 Hal Penting dalam Membuat Logo Perusahaan

posted on May 18, 2022

10 Hal Penting dalam Membuat Logo Perusahaan

Dalam menjalankan bisnis perusahaan membutuhkan adanya logo perusahaan karena memberikan pengaruh besar terhadap prospek bisnis yang dijalankan. Pasalnya, logo yang dibuat dengan baik dan benar dapat menciptakan citra yang baik untuk masyarakat serta bisa mengkomunikasikan tujuan perusahaan yang hendak dicapai. Hal ini tentunya akan sangat mempengaruhi prospek bisnis, sehingga membuat logo tidak boleh sembarangan.

Dalam hal ini, logo tidak hanya berperan sebagai simbol saja, juga sebagai identitas dan branding perusahaan. Membuat logo tentunya harus unik dan

memiliki bentuk simpel dan jelas. Selain itu, logo juga dapat menggambarkan pesan mengenai bisnis tersebut.

10 Hal Sebelum Membuat Logo Perusahaan

Mungkin hingga saat ini masih banyak yang menganggap remeh dalam membuat logo perusahaan. Meskipun logo terlihat simple dan seolah mudah dibuat, tetapi faktanya butuh kreativitas dan pemikiran yang luar biasa sehingga dapat menciptakan logo yang efektif.

Jika ingin membuat logo untuk perusahaan adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain adalah sebagai berikut.

1. Mengenali Brand Perusahaan

Hal paling utama yang harus diperhatikan yaitu mengenali Brand dengan baik. Untuk membuat logo efektif, maka wajib untuk memahami brand perusahaan peserta visi misi brand yang jelas. 

Selain itu juga usahakan untuk memahami karakter konsumen yang ditargetkan sehingga bisa menetapkan elemen logo yang bagaimana yang sekiranya sesuai. Oleh karenanya, brand perusahaan harus benar-benar dipahami dan dikenali dengan baik.

2. Menggambarkan Identitas Perusahaan

Pada sebuah logo, terdapat berbagai elemen yang memiliki makna tersendiri. Salah satu hal yang harus diperhatikan saat membuat logo yaitu bahwa logo yang hendak diciptakan harus menggambarkan identitas dari perusahaan.

Misalnya, apabila produk bisnis perusahaan yang ditawarkan adalah fashion, maka bisa menggunakan style desain yang sesuai dengan brand image yang diinginkan (maskulin / feminim). Dengan membuat logo yang sesuai dengan identitas perusahaan maka akan lebih mudah dikenali oleh masyarakat secara luas.

3. Memilih Warna yang Sesuai

Saat hendak membuat logo jangan asal-asalan dalam memilih warna. Alangkah baiknya untuk memilih warna yang sesuai dengan profile dan identitas dari perusahaan. Seperti yang telah diketahui bersama-sama bahwa setiap warna memiliki makna dan efek emosi yang berbeda-beda bagi orang yang melihatnya. Misalnya warna merah jambu atau pink yang identik dengan keanggunan, keindahan, lembut, dan sensitivitas.

4. Memilih Font yang Bagus

Selain memilih warna untuk logo, pemilihan font untuk logo perusahaan juga wajib diperhatikan. Bagaimanapun juga font yang digunakan harus sesuai karena akan sangat mempengaruhi estetika dari logo. Misalnya apabila produk yang ditawarkan oleh perusahaan adalah mainan untuk anak, maka bisa menggunakan font handwritten. Penggunaan font juga bisa disesuaikan dengan karakter target pelanggan, karena setiap font memiliki kesan yang berbeda-beda.

5. Menggunakan Desain yang Menarik

Setiap perusahaan tentu memiliki logo yang berbeda-beda meskipun bidang yang dijalankan serta produk yang ditawarkan sama. Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk memilih desain logo bagi perusahaan yang unik dan kreatif. Tujuannya adalah supaya logo tersebut memiliki desain yang tidak pasaran dan mudah diingat oleh masyarakat umum.

Jangan lupa untuk menggunakan konsep yang kekinian, karena pasti ada perusahaan kompetitor lain yang bersaing dalam bisnis yang sama. Pembuatan konsep logo juga harus dilakukan hingga matang sehingga hasilnya pun lebih optimal.

6. Memilih Jenis Logo yang Bagus

Ada dua jenis logo yang dapat dipilih yaitu jenis logo tulisan (Logotype) dan gambar (Logogram). Jadi tinggal pilih saja jenis logam mana yang sekiranya tepat untuk mereprentasikan identitas dari perusahaan. Bahkan jenis logo gambar dan tulisan dapat dikombinasikan. Meskipun demikian, butuh banyak usaha dan biaya untuk membuat jenis logo kombinasi ini.

7. Menggunakan Tampilan yang Simple

Desain logo perusahaan usahakan dibuat yang simpel dan tidak terlalu ramai. Logo yang simpel itu terdiri atas satu atau dua warna saja. Selain itu juga menggunakan font dan berbagai elemen lainnya yang satu jenis.

Apabila terlalu banyak menggunakan elemen, maka dapat membuat logo justru terlihat rumit dan membingungkan. Alhasil, logo pun sulit diingat oleh masyarakat.

8. Menggunakan Desain yang Aplikatif

Usahakan untuk membuat desain logo brand atau perusahaan yang aplikatif pada berbagai ukuran media promosi. Dalam hal ini artinya desain logo tampak jelas dan menarik ketika diaplikasikan pada berbagai instrumen promosi yang berukuran besar maupun kecil. Hal ini bertujuan supaya logo tersebut terlihat jelas saat diiklankan.

9. Selipkan Makna di Setiap Elemen

Perlu diketahui bahwa logo perusahaan bukanlah gambar atau tulisan yang dibuat secara acak kemudian dicetak pada kartu nama. Ada berbagai aspek penting yang menentukan identitas print ini mempunyai peran dan fungsi yang lebih dari itu.

Dapat dikatakan bahwa logo merupakan identitas dari sebuah kerinduan yang mana memiliki kisah dan makna menarik di baliknya. Biasanya makna pada sebuah logo hadir pada berbagai bentuk, baik tersirat maupun tersurat.

Oleh karenanya, ketika membuat logo usahakan untuk memberikan makna pada setiap elemen yang digunakan. Untuk menempatkan makna di elemen desain pada dasarnya bukanlah sesuatu yang mudah. Gunakanlah permainan warna untuk membangun elemen yang filosofis. Hal ini ternyata dapat mempengaruhi pola pikir pelanggan.

10. Buat Logo yang Mudah Dikenal

Cobalah perhatikan berbagai perusahaan atau brand besar yang ada di sekitar. Logo yang digunakan untuk perusahaan dan peran mereka pasti unik dan mudah dikenali oleh masyarakat.

Sebenarnya membuat logo yang unik dan mudah dikenal dianjurkan untuk setiap bisnis perusahaan karena hal ini akan memberikan dampak positif terhadap bisnis yang dijalankan. Kenyataannya, logo yang efektif dan sukses yaitu logo yang unik dan mudah dikenali bagi sebuah perusahaan atau brand.

Dalam proses pembuatannya memang cenderung sulit, tapi tidak sepenuhnya demikian. Gunakanlah gambar dan simbol secara umum kemudian desain tersebut ditambahkan sedikit sentuhan sehingga tampak berbeda dari yang lain.

*Baca Juga: Pentingnya Desain Kemasan Produk dalam Bisnis

Sementara untuk membuat logo brand yang mudah dikenal bisa dengan membuat logo serupa dengan nama brand maupun dengan cara memadukan warna. Hal ini dapat dicontoh dari berbagai logo perusahaan besar yang telah berhasil dengan dominasi pasar. Misalnya saja logo Apple, desain tersebut dibuat dengan gambar buah apel yang diberi warna hitam putih. Sederhana, unik, dan mudah dikenal.

Dapat ditarik kesimpulan bahwa ada berbagai hal yang perlu diperhatikan ketika membuat logo untuk perusahaan. Logo memiliki fungsi tidak sekedar menunjukkan identitas perusahaan saja tetapi juga untuk branding.

Sebagai salah satu konsultan dan mitra kreatif yang terpercaya untuk pengembangan bisnis, Kamarupa siap untuk membantu melayani berbagai bantuan kreatif yang detail, termasuk dalam membuat logo untuk perusahaan. Hal ini sangat pengaruh terhadap branding bisnis yang dijalankan.

Berbagi hal mulai dari desain grafis, branding yang terintegrasi, pemasaran digital, dan berbagai hal yang berkaitan dengan pengembangan bisnis dapat dibantu melalui layanan Kamarupa group.

Share This Article

Back

Close

Search

Whatsapp Menu